Listrik AC 3 Fasa

Sumber 3 fasa pada umumnya dihasilkan dalam suatu sistem generator, dimana elemen dasar dari generator 3 fasa terdiri dari batang magnet yang berputar dan kawat kumparan (belitan-belitan) stationer yang disusun sedemikian rupa sehingga masing-masing susunan belitan menghasilkan tegangan dengan perbedaan fasa sebesar 120°.

Gambar oleh Colin Behrens dari Pixabay


Dalam listrik 3 fasa terdapat konfigurasi hubungan bintang dan hubungan delta, pengertian hubungan bintang dan delta adalah sebagai berikut:

a. Sambungan Segitiga (Delta)
Pada sambungan segitiga, ujung – ujung permulaan dari satu fasa disambung pada ujung penghabisan dari fasa yang berikutnya.  Dengan demikian  fasa tersebut tersambung seri dan merupakan suatu lingkaran tertutup, seperti diperlihatkan pada titik sambungan XW;  YU; dan ZV, yang kemudian dipasangkan saluran jaringan R, S, dan T.

pada sambungan segitiga terdapat tegangan-tegangan jaringan (fasa-fasa) yang sama besarnya dengan tegangan fasa. 
 
b. Sambungan Bintang
Pada sambungan bintang, ujung-ujung permulaan dari ketiga fasa  X, Y, dan Z disambungkan pada ujung-ujung  U, V, dan W. Jika pada titik 0 (nol) juga disambungkan satu kawat terdapatlah saluran ke empat yang dinamakan Saluran Nol. (0).

Suatu jaringan yang mempunyai 4 saluran dinamakan jaringan saluran empat, jika suatu jaringan yang tidak mempunyai  4 saluran maka jaringan semacam ini dinamakan jaringan saluran tiga .  pada sambungan Bintang terdapat arus jaringan (net) yang sama besarnya dengan arus fasa. 



Sumber : Materi Diklat Teori Dasar Listrik - PLN Coorporate University
Previous
Next Post »